Sabtu, 14 Maret 2015

CINCIN KAWIN

Makna sebuah cincin. Karena makna sebuah cincin itu sangat luas . Ada yang menganggap sebuah simbol  saja dan ada juga yang beranggapan serius .
Cincin merupakan simbol cinta atau lambang cinta dari sepasang kekasih , yang sudah menjadi tradisi dan adat istiadat dalam pernikahan . Bentuknya yang melingkar tanpa batas bermakna cinta mereka tulus dan agar kelak hubungan mereka langgeng sampai kakek nenek . Selain bentuknya yang melingkar tanpa batas, penggunaan cincin kawin dijari manis bermakna agar hubungan mereka tidak dapat disahkan , kecuali sampai maut memisahkan mereka .
Cincin kawin juga bisa digunakan sebagai bukti bahwa sepasang kekasih telah resmi menikah .Meskipun cincin kawin dianggap sebagai simbol cinta dan bukti bahwa mereka telah resmi menikah , namun tidak menjamin kesetiaan dari pasangan tersebut . Semua kembali kedalam diri masing-masing.

Cincin dalam bahasa jawa disebut ali-ali. dalam sastra jawa maksudnya ojo lali(jangan lupa), maksudya jangan lupa kepada yang mengasih cincin. sedangkan dalam masyarakat karena sudah terbiasa dengan acara tukar cincin pada saat pertunangan atau pernikahan, jadi mereka beranggapan jika sudah memakai cincin di jari manis berarti sudah ada ikatan. Jadi jika seorang lelaki  berani emberikan cincin kepada wanita yang dicintainya berarti dia mengajak kehubungan yang lebih serius untuk berlanjut ke perlaminan/pernikahan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar